Daftar Lengkap Detective Conan Movie Part 1

Mendengar judul Detective Conan, pasti kamu tidak asing lagi dong, apalagi jika kamu anak kelahiran tahun 90. Anime yang selalu menemani masa kecil ini, tidak pernah habis di makan waktu, bahkan malah makin melebarkan sayapnya hingga saat ini.

Walaupun terbilang anime lawas, Detective Conan tidak pernah gagal membuat para penggemarnya berteriak bahagia.

Selain dari manganya yang masih berlanjut hingga kini, penggemarnya pun di manjakan dengan kehadiran movie nya yang selalu release setiap tahun.

Berikut, daftar Detective Conan The Movie lengkap dengan sinopsis singkatnya.

Detective Conan : The Time-Bombed Skyscaper

Movie yang di rilis pada tanggal 19 April 1997 ini menceritakan tentang kasus pemboman yang meneror beberapa tempat di Jepang. Dan tentu saja, sang hero di anime ini, Conan Edogawa atau nama aslinya ‘Shinichi Kudo’ yang akan memecahkan dan menyelesaikan kasusnya.

Anime movie pertama ini menceritakan tentang arsitek terkenal Moriya Teiji yang memiliki ambisi untuk mengubah kota dengan gaya arsitek Inggris kesukaannya. Dengan memanfaatkan bahan kimia jenis Oktogen, yang dia curi dari pabrik kimia Tokyo Chemical, dia mulai menghancurkan semua karyanya yang di rasa belum memiliki estetika arsiteknya.

Kebetulan, tempat terakhir yang dia ingin hancurkan adalah Beika City, dimana Shinichi dan Ran akan berkencan sambil menonton film di hari ulang tahun Shinichi.

Ada juga scene romantis saat Conan tetap bersama Ran walaupun mereka akan mati saat bomnya meledak. Ran juga mengatakan kalau dia tidak bisa memotong kabel warna merah, seperti legenda benang merah, warna itu mungkin adalah benang takdir yang menghubungkannya dengan Shinichi.

Detective Conan : The Fourteenth Target

Movie kedua rilis satu tahun setelahnya yaitu pada 18 April 1998. Di movie ke dua ini menceritakan tentang pembunuhan berantai, di mana pelakunya selalu meninggalkan jejak seperti kartu poker pada setiap pembunuhan yang di lakukannya. Di movie ini juga menceritakan masa lalu kenapa Eri dan Kogoro mouri berpisah.

Pelaku bernama Sawaki Kouhei, seorang sommelier yang bertanggung jawab atas anggur. Karna kecelakaan motor yang terjadi padanya, dia kehilangan indra pengecapnya. Indra pengecap adalah indra paling penting bagi seorang sommelier, apalagi pekerjaan ini adalah mimpinya dan kecintaannya.

Di dorong rasa marah, frustasi, dan putus asa, dia merencanakan pembunuhan pada orang-orang yang secara tidak langsung membuatnya kehilangan mimpinya. Dia menyerang beberapa orang dengan kartu sebagai acuan untuk menghilangkan motif, walaupun yang dia ingin bunuh hanya beberapa orang saja.

Pada movie ini ada scene di mana Conan berniat menyelamatkan Ran dan sengaja membawa botol berisi udara untuk Ran yang terjebak di dalam air, tapi karna tiba-tiba kaki Conan tersangkut dan mulai kehabisan nafas, Ran memberikan sedikit oksigen yang dimilikinya untuk Conan lewat sebuah ciuman.

Detective Conan : The Last Wizard of the Century

Movie ke tiga rilis pada tanggal 17 April 1999. Di movie kali ini ada cerita mengenai Kaito Kid yang merupakan seseorang yang di panggil pencuri terang bulan.

Anime yang membahas mengenai sebuah telur paskah imperial dengan berlian yang merupakan harta rahasia kekaisaran Romanov dan juga mengenai kasus pembunuhan yang melibatkan keturunan Rasputin.

Dalam pencarian informasi mengenai telur itu, Conan beserta yang lainnya harus memasuki sebuah kastil. Pelaku, Hoshi Seiran atau nama terkenalnya adalah pembunuh ‘Scorpion’ yang selalu mengincar mata kanan korban.

Motif seiran membunuh adalah karna semuanya berhubungan dengan Rasputin, dia merasa semua harta kekaisaran Romanov sebenarnya adalah milik Rasputin, karna itu dia ingin mengambil semuanya untuk di berikan kepada ayahnya.

  Daftar Lengkap Detektif Conan The Movie Part 2

Moment antara Conan dan Ran adalah saat Ran bertanya kalau Conan sebenarnya adalah Shinichi dengan mata yang basah karna air mata. Saat Conan mau mengaku, Kid datang menolonng dengan menyamar menjadi Shinichi.

Detective Conan : Captured in Her Eyes

Movie ke empat, rilis pada tanggal 22 April 2000. Movie ke empat ini, ceritanya mengenai Ran yang mengalami hilang ingatan karna syok.

Terjadi suatu kasus dimana setiap polisi di bunuh, dan korbannya selalu memegang buku saku. Kasus ini merupakan tamparan keras bagi anggota kepolisian Jepang.

Kemudian, saat menghadiri suatu pesta salah seorang aparat polisi, Ran dan Opsir Miwako Sato di serang di toilet. Opsir Sato terkena luka tembak yang parah, dan karna Ran melihatnya langsung di depan matanya, dia mengalami syok sampai dia kehilangan ingatan.

Ran sama sekali tidak bisa mengingat tentang karate, keluarga, teman, bahkan Shinichi. Selain itu, pelaku penembakan itu merasa Ran sudah melihat wajahnya, karna itu sejak Ran hilang ingatan, dia tetap mencoba membunuh Ran.

Di sini Conan mati-matian melindungi Ran yang menjadi target pelaku. Pelakunya sendiri adalah seorang psikiater RS pusat Beika, Kazato Kyousuke. Sebelumnya dia adalah spesialis bedah jantung yang sangat gemilang, tapi mimpinya harus berhenti karna pergelangan tangannya teriris oleh dokter partnernya saat operasi.

Sweet moment antara Ran dan Conan adalah, sesaat sebelum Conan dan Ran melompat ke dalam air untuk menghindari tembakan, Conan mengatakan ‘karna aku mencintaimu, di dunia ini.. lebih dari apapun’

Detective Conan : Countdown to Heaven

Ini adalah movie ke lima yang rilis pada tanggal 21 April 2001, dan movie pertama yang membahas tentang Black Organization.

Berawal dari Haibara atau code name Sherry, yang selalu menelpon kakaknya yang sudah meninggal, Gin dan Vodca para anggota organisasi jadi mengetahui dia akan menuju kemana. Saat Black Organization mengetahui di mana dia berada, disanalah dimulainya perburuan.

Seperti tujuan mereka pada awalnya, Conan dan kawan-kawan mendatangi Twin Tower Buildings di Nishitamashi. Tapi kemudian, Conan mengetahui kalau Black Organization mungkin juga akan datang ke acara yang di adakan di Twin Tower Building.

Scene antara Conan dan Ran yang terjadi adalah saat Ran dan Conan terjebak di gedung dimana lantai yang mereka tempati sudah di kelilingi oleh api. Di sana Ran mempertaruhkan nyawanya untuk melompat ke lantai bawah dengan menggunakan selang pemadam kebakaran.

Di sana Ran mengatakan, dia takut tapi dia belum boleh mati karna Shinichi memintanya untuk menunggunya.

Dan pada klimaksnya, Conan harus kembali ke dalam gedung dengan melompati jembatan Twin Tower Building yang sudah hancur untuk menolong grup detektif cilik yang terjebak. Di tambah Black Organization mengira Sherry juga ada di dalam gedung itu dan mereka sudah menyiapkan bom di sana.

Detective Conan : The Phantom of Baker Street

Movie ke enam ini di rilis pada tanggal 20 April 2002. Pada movie The Phantom of Baker Street ini pernah menjadi film paling laris ke delapan, dan menjadi movie cukup serius dengan mengangkat hubungan orang tua dan anak.

Dimana sifat dan peran sang anak di masa depan, tidak lepas dari cara orang tuanya dalam membesarkan mereka.

Pada anime ini banyak sekali hint tentang masalah-masalah yang terjadi, seperti isu pendidikan Jepang mengenai tekanan pendidikan yang menyebabkan banyaknya angka bunuh diri, me-reset satu generasi dimana anak-anak yang ayahnya merasa memiliki jabatan bertindak layaknya sebagai pejabat juga.

Pada cerita kasusnya, Conan di undang untuk menghadiri acara pembukaan game VR terbaru bernama Cocoon yang akan di mainkan oleh 50 anak dari kalangan orang yang berpengaruh di Jepang.

Sayangnya saat game itu mau di mulai, salah seorang pembuat game tersebut terbunuh. Petunjuknya membawa Conan ke dalam cerita dalam game di mana London sedang dalam krisis karna pembunuh berantai Jack The Ripper.

  Jasa Translate Komik

Untuk mengungkap pembunuhan, Conan ikut masuk ke dalam game itu. Tapi setelah game itu di aktifkan, AI bernama Noah Ark mengambil alih seluruh akses keluar masuk dalam game itu. Dia mengatakan tujuannya adalah untuk me-reset generasi muda yang sudah tercemar.

Game yang tadinya hanya untuk bermain itu berubah menjadi game kematian, dimana kalau tidak ada satu orangpun yang berhasil menyelesaikan game, maka semua anak yang sudah game over akan benar-benar mati.

Detective Conan : Crossroad in the Ancient Capital

Movie ke tujuh yang rilis pada tanggal 19 April 2003 ini menceritakan mengenai sebuah pembunuhan berantai anggota kelompok perampok Genzihotaru dan cerita cinta pertama Heiji Hattori.

Para perampok ini memiliki kebiasaan memanggil anggota mereka dengan nama dari para pembantu Yoshitsune. Seluruh anggotanya memiliki buku beserta kode tempat di mana patung berharga yang mereka rampok beberapa belas tahun yang lalu berada.

Sayangnya, sesaat setelah perampokan itu, permata di dahi patung budha yang mereka curi terjatuh, karna itu mereka belum bisa menjualnya. Saat salah seorang perampok datang untuk mencarinya di kuil, mereka mengetahui kalau Heiji yang membawanya.

Di sana Heiji mengira kalau permata itu adalah milik anak perempuan yang menjadi cinta pertamanya di bawah pohon sakura. Setelah beberapa waktu, sebelum pemimpin perampok itu mati, dia membuat kode untuk menyembunyikan hasil rampokan mereka.

Pelaku yang ingin menguasai hasil rampokan itu sendiri, membunuh anggota lainnya. Tapi walaupun dia sudah membunuh anggota lainnya, dia tidak bisa memecahkan kode itu, dan meminta bantuan Kogoro Mouri untuk memecahkannya.

Pada klimaksnya, Kazuha di culik dan mengharuskan Heiji datang untuk memberikan permata di dahi patung budha yang di milikinya, tapi Heiji malah pingsan karna luka yang di dapatkannya dari pertarungan  sebelumnya.

Karna tidak ada cara lain, Conan meminta bantuan Haibara untuk memberikannya penawar dari racun APTX4869 untuk mengembalikan tubuhnya ke bentuk anak SMA untuk sesaat. Setelah kembali ke tubuh anak SMA, Shinichi menyamar menjadi Heiji dan menolong Kazuha.

Tapi Heiji datang menolong di saat terdesak. Shinichi juga tidak bisa mempertahankan wujudnya yang akan kembali menjadi anak-anak karna itu Heiji menolong Shinichi untuk kabur. Entah karna takdir atau apa, saat Shinichi akan berubah dia bertemu dengan Ran di dalam hutan.

Detective Conan : Magician of the Silver Sky

Movie ke delapan rilis pada tanggal 17 April 2004. Movie ini menceritakan tentang pencurian permata milik aktris musical terkenal dan juga pembunuhan yang terjadi di atas pesawat.

Kaito Kid mengumumkan kalau dia akan mencuri cincin permata yang di pakai oleh Juri Maki di panggung musical. Karna itu Maki meminta bantuan Kogoro Mouri untuk menjaga permata itu.

Untuk bisa mengobservasi tempat dengan lebih leluasa Kaito Kid menyemar menjadi Shinichi Kudo. Tapi pencurian itu tidak terjadi dan akhirnya Kid bisa lolos. Hari berikutnya, Conan beserta rombongan musical terbang menggunakan pesawat yang sama.

Sayangnya Juri Maki yang merupakan aktris pemilik permata itu di bunuh di pesawat. Sebelumnya, dia sempat masuk ke dalam ruang kemudi pilot dan kedua pilot itu sempat memegang tangan Maki yang telah terkontaminasi racun.

Tentu saja yang terjadi adalah pilot yang menerbangkan pesawat beserta partnernya mengalami keracunan dan tidak bisa melanjutkan menerbangkan pesawat. Tadinya Kid dan Conan yang menerbangkan, tapi karna suatu kejadian akhirnya menjadi Ran dan Sonoko yang mengemudikannya.

Pada scene antara Ran dan Shinichi, Ran mengungkapkan perasaannya pada Shinichi karna mengira dia tidak akan selamat, tapi di saat terakhir Ran mengira yang menelponnya saat itu bukanlah Shinichi tapi Kid yang menyamar.

Detective Conan : Strategy Above the Depths

Movie selanjutnya rilis pada tanggal 9 April 2005. Di movie kali ini, Conan dan kawan-kawan akan memecahkan kasus yang terjadi di laut di atas kapal pesiar.

Berawal dari orang tua Sonoko yang di undang untuk naik kapal pesiar St Aphrodite, karna mereka berhalangan, akhirnya Sonoko yang menggantikan dan mengajak Kogoro Mouri, Ran, beserta grup detektif cilik.

  Rekomendasi Anime Terbaik November 2019

Sebelumnya terjadi kecelakaan kapal yang mengakibatkan kapten dari kepal itu mati, tapi sebenarnya sang kapten mati karna di bunuh.

Kemudian terjadi pembunuhan kembali saat Ran, Sonoko dan kawan-kawan berada di St Aphrodite. Pada klimaksnya pelaku meledakkan bom dan kabur tapi berhasil di tangkap oleh Conan. Tapi pelaku sebenarnya masih ada di dalam pesawat untuk membunuh satu orang lagi.

Ran juga berada dalam bahaya karna terjebak di dalam kapal sementara kapalnya sebentar lagi akan tenggelam.

Detective Conan : The Private Eye’ Requiem

Movie ke sepuluh di rilis pada tanggal 15 April 2006. Pada movie kali menceritakan tentang perjuangan Kogoro beserta detektif lainnya yang harus memecahkan kasus dari klien yang misterius.

Awalnya Kogoro Mouri di undang ke sebuah hotel untuk menangani sebuah kasus. Karna itu Ran, Conan, dan grup detektif cilik di beri jam khusus untuk bermain sepuasnya di taman hiburan. Tapi itu hanyalah kedok, karna jika orang yang memakai jam itu keluar dari taman hiburan, maka jamnya akan meledak.

Kogoro di beri waktu sampai jam 10.30 malam, atau Ran dan kawan-kawan juga akan jadi korban. Sementara Conan, Heiji, dan detektif lainnya di kejar pelaku, Ran dan kawan-kawan tidak tahu kalau nyawa mereka dalam bahaya. Di sini juga Kaito Kid akan muncul.

Detective Conan : Jolly Roger in The Deep Azure

Movie ke sebelas rilis pada tanggal 21 April 2007. Pada movie kali ini menceritakan tentang harta peninggalan bajak laut wanita bernama Anne Bonnie dana Marie Reed di sebuah pulau bernama Koumijima.

Awalnya Conan beserta kawan-kawan datang untuk berlibur, tapi kemudian sebuah kasus terjadi. Salah seorang pemburu harta karun tewas di serang hiu. Kalau di dengar itu kelihatan seperti kecelakaan tapi Conan tidak bisa di kelabui, dia berfikir kalau itu adalah pembunuhan.

Kemudian pada klimaksnya, Ran dan Sonoko di culik dan di jadikan sandra oleh para pemburu harta. Mereka ikut di bawa ke dalam goa di bawah laut untuk mencari harta yang terpendam. Sayangnya harta itu hanyalah sebuah kapal yang di simpan oleh bajak laut Jolly Roger.

Scene antara Ran dan Conan adalah saat Conan sengaja memberikan tabung oksigen miliknya untuk Ran, tapi Ran mengetahui kalau Conan tidak memiliki tabung oksigen lain. Pada akhirnya kapal bajak laut yang tidak pernah berlayar itu, dapat berlayar untuk pertama kalinya setelah beberapa ratus tahun.

Detective Conan : Full Score of Fear

Movie ke dua belas ini rilis pada tanggal 19 April 2008. Menceritakan tentang seorang musisi, atau pemusik yang berniat menghancurkan pertunjukan konser Doumoto.

Sebelumnya terjadi pembunuhan misterius yang terjadi pada murid-murid sekolah musik Doumoto. Kemudian di lanjutkan dengan di serangnya penyanyi soprano terkenal bernama Akiba Reiko. Awalnya Akiba Reiko ini bersikap sangat jutek bahkan pada grup detektif cilik.

Tapi setelah Genta tidak sengaja meminum teh miliknya dan terkena keracunan, dia jadi terus mengikuti anak-anak itu karna takut mereka di serang karnanya. Saat mengetahui kalau dialah yang di incar, dia segera memisahkan diri dengan bersikap jutek lagi untuk menutupi kecemasannya.

Hanya Conan yang menyadarinya. Lalu setelah itu, Conan dan kawan-kawan di undang ke pertunjukan musik Doumoto oleh Sonoko, yang walaupun akhirnya berubah menjadi mimpi buruk.

Saat semua orang berada di dalam ruang konser, bagian luar gedung sudah di penuhi ledakan, bahkan hampir runtuh. Hanya Conan yang akhirnya bisa menghentikan si pelaku dan menghentikan pembunuhan yang terjadi.

Nah, sebenarnya untuk artikel kali ini, saya mau menuliskan semua daftar movie nya, tapi ternyata jadi lebih panjang dari yang saya duga.

Karna itu saya memutuskan untuk membuatnya menjadi dua part.

Tetap pantengin terus web ini yaa~

See u next update~

Apa Tanggapan Anda??

This Article Has 1 Comment
  1. Pingback: Daftar Lengkap Detektif Conan The Movie Part 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *