Proses Klaim Kecelakaan Kerja Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Ditempat kerjaku saya di bagian wara-wiri, termasuk salah satu urus masalah BPJS Ketenagarkerjaan. Tempat kerjaku adalah Workshop (kata gampangya bengkel) pembuatan mesin produksi untuk pabrik dan reparasi mesin-mesin produksi, dimana kami bekerja dengan resiko kecelakaan kerja kategori sedang, berlokasi di Cikupa, Tangerang, Banten. 

Pada tgl 1 Agustus 2018, untuk pertama kalinya terjadi kecelakaan kerja sejak kami menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan. Kecelakaan kerja terjadi ketika operator mesin bubut sedang meng grinda as yang ada di mesin bubut dan masuk ke dalam mata. Untuk pengobatan langsung di bawa ke rumas sakit terdekat yang bekerja sama dengan BPJS TK (karena klinik posisinya lebih jauh).

Prosesnya cepat langsung masuk IDG dengan menunjukan kartu BPJS TK dan KTP Asli karywan yang bersangukutan maka akan langsung di tangani. Sambil menunggu di tangani saya harus menyelesaikan terlebih dahulu proses pendaftaran.

Proses Pendaftaran Kecelakaan Kerja

Pada proses pendaftaran dokumen yang perlu disiapkan adalah :

  • Kartu BPJS TK ASLI
  • KTP Asli
  • Fotocopy KTP 2 lembar

Nanti anda akan di berikan dokumen Laporan Kecelakaan Kerja Tahap 1, Dokumen ini harus dilaporkan ke Wasnaker 2×24 Jam setelah kejadian. Laporan Kecelakan Kerja Tahap 1 ini harus di lengkapi dengan dokumen-sebagai berikut.

  • Fotocopy KTP 2 Lembar
  • Fotocopy Kartu BPJS TK
  • Kronologis Kecelakaan Kerja
  • Absensi Karyawan (Saya dulu melampirkan 1 bulan absensi)
  • Laporan Kecelakan Kerja Tahap 1( Stempel Wasnaker dan BPJS TK)
  Flash Sale Tokopedia Hanya Manis Di Iklan Saja

Isi dokumen Laporan Kecelakan Kerja Tahap 1 sesuai petunjuk dan jika syarat lainya sudah terpenuhi anda tinggal mengurus ke Wasnaker dan Kantor BPJS TK Terdekat

Proses Di Wasnaker dan Kantor BPJS TK

Pada dokumen Laporan Kecelakan Kerja Tahap 1 bagian akhir anda harus meminta stempel dari Wasnaker (Pengawas Tenaga Kerja) bukan Disnaker lho ya ( Karena saya dulu juga sempat bingung ). Kenapa saya bingung??? karena ternyata di Tangerang Kantor Wasnaker dan Disnaker tidak menjadi satu.

Karena saya tidak tahu dan baru pertama kali mengurus klaim kecelakan kerja BPJS TK saya masuk ke kantor Disnaker dannn…. petugas bilang “wasnaker tidak disini mas.. katanya keluar belok kanan disitu kantornya, coba tanya satpam saja katanya“. Ketika di luar saya tanya satpam dan satpamnya seperti bingung malah berkata kantornya di serpong (dari cikupa ke tangerang kota aja jauh masa iya ke serpong dalam hati), tapi pak satpam memberitahu juga bahwa biasanya pada kumpul di sebelah kanan gedung putih itu dibelakang (tanpa menjelaskan gedung yang pasti).

  Cara Mudah Cek Saldo BPJS KetenagaKerjaan JHT Melalui Smartphone Android

Ehhh ternyata kantor Wasnaker posisinya ada di bangunan gedung putih bener tapi putih pudar :/, dan kantornya kurang layak karena seperti bangunan tua. Prosesnya pun cepat, begitu masuk nanti ada petugas 3 orang kalau tidak salah dan bilang ” mba mau minta stempel “. cuma 10 menit lansung pulang.

LOKASI / PETA WASNAKER TANGERANG

Nah untuk anda yang mau mencari alamat wasnaker Kabupaten Tangerang silahkan lihat peta dibawah ini.

Setelah di wasnaker beres saya langsung menuju rumah sakit untuk menyerahkan dokumen yang telah di stempel wasnaker. Tapi ternayata pihak rumah sakit mengharuskan ada stempel dari BPJS TK, sedangkan petugas sebelumnya Laporan Kecelakaan Kerja Tahap 1 tidak harus ada stempel dari BPJS TK. Daripada ribut saya mengalah meminta stempel dari BPJS TK, prosesnya pun sebentar cuma 10 menit. Karena sekarang khusus BPJS TK Cabang Cikupa tidak menerima klaim saldo secara manual  jadi kantor sepipipi.

PROSES DI RUMAH SAKIT

Ketika kita menyerahkan dokumen Laporan Kecelakaan Kerja Tahap 1 pastikan kita menerima tanda terima dari rumah sakit tersebut untuk proses kontrol karyawan yang bersangkutan.

  Enyong Youtuber Gagal, Share Pengalaman Untuk Kamu Yang Mau Jadi Youtuber

Selanjutnya ada harus membuata Laporan Kecelakaan Kerja Tahap 2 pada laporan ini anda tidak harus lagi ke kantor Wasnaker Atau BPJS TK. Pada tahap kedua anda juga tidak perlu melampirkan data-data lainya, dengan di serahkanya laporan tahap 2 berarti kecelakaan kerja sudah di anggap selesai.

WASNAKER KABUPTEN TANGERANG

Saya paling lama mencari kantor di Wasnaker Tangerang maka saya ingin membahasnya lagi supaya tidak bingung seperti saya. Lihat gambar ini

Kantor Wasnaker Kab. Tangerang
Kantor Wasnaker Kab. Tangerang

Ini lokasi kantor Wasnaker jangan sampai salah ya… dan jangan masuk ke gedung gambar di bawah ini

Kantor Ketenagakeraan

Demikian semoga bermanfaat.. silahkan komentar jika ada yang perlu dipertanyakan

You May Also Like

Apa Tanggapan Anda??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *