Cara dan Syarat Perubahan Data BPJS Kesehatan Karena Menikah

Perubahan Data BPJS Kesehatan Karena Menikah – Melahirkan atau bersalin bisa menggunakan BPJS kesehatan di puskesmas atau bidan terdekat dengan syarat mempunyai kartu BPJS aktif, selain itu kita dibuatkan akte kelahiran untuk bayi atau anak kita secara gratis oleh bidan yang bersangkutan (pengalaman saya di Kebumen, Jawa Tengah ). Untuk kepentingan itu pula saya harus merubah data BPJS istri saya yang semula masih ikut Kartu Keluarga orang tuanya dan merubah BPJS saya yang masih ikut dengan Kartu Keluarga orang tua saya menjadi data dengan Kartu Keluaga baru saya. Okelah ini syarat yang harus dibawa

  1. Kartu Keluarga Lama Istri
  2. Kartu Keluarga Lama Saya (Suami)
  3. Kartu Keluarga Baru (Saya dan Istri)
  4. Kartu BPJS Asli / Fotocopy (Istri dan Suami)
  5. KTP Asli dan Fotocopy (Istri dan Suami)
  6. Bisa diwakilkan tanpa harus pemilik BPJS

Datang ke kantor BPJS terdekat, tanyakan pada petugas atau satpam dan mem,bahwa mau melakuakan perubahan data dengan Kartu Keluarga baru di karenakan pernikahan. Nanti akan diberikan form perubahan data seperti gambar dibawah ini. Lengkapi formulir ini tanda tangan bisa diwakilkan tenang saja dan jangan lupa ambil antrian dulu ya.

  Flash Sale Tokopedia Hanya Manis Di Iklan Saja

 Contoh Pengisian Form Perubaha Data BPJS Kesehatan perubahan data bpjs kesehatan karena menikah

Setelah dapat giliran antrian serahkan dokumen kepada petugas, kemudian petugas akan mengecek dulu apakah ada tunggakan atau tidak, jika ada tunggakan maka kita akan di suruh melunasi terlebih dahulu tunggakan BPJS sebelum melakukan perubahan data. Pastikan jangan lupa cek dulu tagihan apakah ada yang belum dibayar supaya tidak bolak balik dan dapat nomor antrian yang lebih besar akibatnya semakin lama kita mengurus.

Petugas tidak terlalu bertanya macam-macam, saya dulu sekitar 10 menit selesai sudah selesai perubahan data. Dulu saya sempat berfikir BPJS Kesehatan itu lebih antri daripada BPJS Ketenagakerjaan, mungkin karena pas saya datang ke kantor BPJS Kesehatan selesai jum’atan dan kondisi lagi sepi. Itulah sekilas pengalaman saya melakukan perubahan data BPJS Kesehatan karena menikah di Kebumen, Jawa Tengah.

Untuk masalah pelayanan di kantor BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan sudah menggunakan antrian seperti di bank, Nilai untuk pelayanan di kantor BPJS saya kasih nilai 8.5 (berdasarkan pengalaman saya lho)

You May Also Like

Apa Tanggapan Anda??

2 Comments

  1. Mohon infonya
    KK lama istri itu yg asli atau fotocopy yah .
    Soalnya KK lama saya (istri)
    Sudah sama org tua beda provinsi . Tinggal foto copyannya aja .

    Terimakasih

    1. bawa yang asli,,, nanti sama petugas diminta photocopian aja kok.. yang asli buat verifikasi aja, oh ya pastikan no NIK di KTP dan KK sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *