Solusi Ingin Membeli Atau Kredit Rumah KPR Tapi Tidak Ada NPWP dan Laporan SPT

kredit rumah kpr

Kredit Rumah KPR – Ditulis Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Waktu itu tepatnya tahun 2015 saya putuskan untuk membeli sebuah rumah KPR lokasi di Tigaraksa, Tangerang. Saya adalah anak perantaun dari Kebumen – Jawa Tengah salam “Ora Ngapak Ora Kepenak“. Waktu itu saya masih kuliah sambil kerja… “Beratt Man” kata orang sih.. tapi memang benar adanya apalagi dengan keputusan saya untuk membeli rumah KPR tambah berat ;). Tenang gak seberat yang dibayangkan kok.

Jujur saya mengambil rumah tanpa konsultasi ke keluarga bahkan orang tuaku sendiri, bukan masalah sombong atau banyak duit, karena saya tidak mau merepotkan orang tua. DP waktu itu kalu gak salah 13 Jtan, mahal banget untuk ukuran saya yang masih menanggung kuliah, bayar kos dan untuk kebutuhan sehari… eh tapi ternnyata DP perumahan bisa di cicil 5 kali lhooo.. masih masuk akal,mulailah saya berhitung  gaji UMR Tangerang kala itu kurang lebih Rp 3.1 Jtan, Bayar kosan 300rb, kalau bayar kuliah bisa dilewati dulu karena baru saja bayar semester, kalau untuk makan dan bensin dari kantor dapat per minggu sekitar 250rban. saya ambilah perumahan, Anak perantaun kalau gak nekad gak punya apa2 bro.. masih inget kata2 atasan saya “Sekecil apapun rumah disini kamu harus punya man” itu pula yang memotivasi saya, karena beliau juga perantaun dari manado.

  Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Di Bank BJB

Ya sudah dengan modal nekat saya ambil rumah KPR, selama 5 bulan saya harus belajar lebih ekstra irit daripada biasanya. bayar DP perumahan 13jt / 5 bulan @2.6jt, bayar kos 300rb sisa 200rb 😉 …. singkat cerita selesailah masa pengiritanku karena DP sudah lunas, setelah itu baru saya berani bercerita kepada keluarga dan orang tua saya, bisa dibayangkan reaksi orang tua dan keluarga ketika tahu saya akan membeli perumahan….. Saya pun puas bisa bayar DP tanpa bantuan dari keluarga. Ini baru tahap awal. Tahap selanjutnya yaitu pemberkasan

SYARAT UMUM AMBIL KPR PERUMAHAN

  1. KTP Suami Istri (Jika sudah menikah)
  2. Kartu Keluarga
  3. Slip Gaji 3 Bulan Terakhir
  4. Surat Keterangan Kerja Dari Perusahaan
  5. NPWP
  6. Laporan SPT tahunan
  7. Tabungan BTN (karena saya ikut KPR BTN)
  8. Surat Keterangan Belum Punya Rumah Dari Kelurahan
  9. Surat Domisili Dari Kelurahan (Jika anda anak perantauan)

Disini saya tidak mengalami masalah untuk pemberkasan atau persyaratan KPR BTN,, Cuma untuk Domisili dan Surat Keterangan Belum Punya Rumah susah sekali dapatnya saya suruh ke pak RT dan RW tempat saya kos tapi prosesnya bertele-tele. Lahhh jalan pintasnya saya numpang alamat teman kantor yang sudah punya rumah di tangerang, dan satu hari langsung jadi. lengkap sudah persyaratan tinggal tunggu untuk wawancara Kredit KPR.

SOLUSI TIDAK PUNYA NPWP DAN LAPORAN SPT TAHUNAN

Kalau ini berdasarkan pengalaman teman saya, Sebut saja namanya NANA. Di bekerja di semacam bengkel tapi sudah berbadan hukum PT yahhh kurang lebih baru 2 tahun berjalan, Dia gaji di bawah PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak). Nana tidak punya NPWP apalagi laporan SPTnya, Nah untuk NPWP gampang solusinya.. bisa daftar secara ONLINE yang penting punya Email, KTP dan No HP aktif atau datang langsung ke kantor pajak tapi anda harus bawa surat keterangan kerja dari perusahaan.

  Cara Daftar NPWP Secara Online Cepat dan Mudah

Sedangkan untuk laporan SPTnya anda harus datang langsung ke kantor pajak, Dikantor pajak anda tinggal ceritakan masalah anda bahwa gaji anda sekian saya mau ambil perumahan dan membutuhkan laporan SPTnya, Tenang petugas pajak sudah pengalaman kok. Gampang bukan.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DITERIMA ATAU TIDAKNYA KREDIT KPR PERUMAHAN

  • Pastikan anda tidak punya masalah dengan bank manapun di indonesia, Karena jika anda punya masalah dengan bank pasti akan terdeteksi. Contoh masalah punya kredit macet.
  • Misalkan gaji anda adalah 3jt per bulan, nah dari gaji itu akan dibagi 3… kenapa dibagi tiga?. satu bagian pertama untuk bayar bulan kpr jika anda diterima, nah satu bagian pertama itu anda masuk kategori cicilan yang berapa tahun 10tahun, 15 Tahun atau 20 Tahun??? silahkan dihitung sendiri. satu bagian yang kedua ini digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, dan bagian yang ketiga digunakan untuk perhitungan jika anda punya kredit kendaraan misal motor mobil.

Dari parameter diatas pihak bank akan menentukan anda sanggup atau tidak kiranya untuk membayar cicilan setiap bulanya, oh iya untuk perhitunganya mungkin lain untuk anda yang sudah berkeluarga dan yang belum berkeluarga. Ini asumsi saya lhooo.. yang lebih berpengalam silahkan ditambahkan

OKE SEKIAN JANGAN LUPA NEKAD YA.. TAPI NEKAD YANG BENER LHO YAA….

Terima kasih sudah membaca tulisan yang tidak jelas ini

You May Also Like

Apa Tanggapan Anda??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *