Daftar Anime Sword Art Online Lengkap!

Selamat siang Just Blog Shipper~

Gimana weekend kamu? Semoga menyenangkan yaa~

Kali ini Just Blog mau membahas tentang daftar anime Sword Art Online lengkap dari season, extra, sampai movienya~

Kalau kamu suka banget sama anime ini, pasti kamu gak akan mau kelewatan animenya. Dan jujur aja, SAO adalah salah satu anime yang saya favoritkan sejak lama~ yah itung-itung bagi-bagi virus SAO~ #Plak

Anime bertema fantasy mengenai dunia game ini banyak banget penggemarnya. Terutama untuk kedua karakter hero dan heroinnya yaitu Kirito dan Asuna. Bahkan anime ini sempat saya rekomendasikan di Rekomendasi Anime Paling Berkesan Akhir Tahun.

Oke deh~ gak perlu buang waktu, langsung aja kita simak~

Sword Art Online

Pada season 1 anime ini memiliki 25 apisode, berkisah mengenai Sword Art Online yang merupakan sebuah game berbasis Virtual Reality, dimana kita memungkinkan untuk dapat masuk ke dunia game dengan semacam alat berbentuk helm bernama NerveGear.

Saat log in menggunakan NerveGear, tubuh asli pemain akan dalam kondisi tidak sadar atau tertidur. Karna itu, para pemain bisa masuk ke dalam game dengan data dari NerveGear yang di kirim ke otak.

Inti cerita ini adalah mengenai sebuah game SAO yang berubah menjadi game kematian, setelah peluncuran perdananya. Karakter hero dalam anime ini adalah Kirigaya Kazuto, seorang pemuda yang cukup beruntung karna berhasil mengikuti Beta tester sebelum game SAO benar-benar di rilis.

Para Beta tester yang ikut hanya terbatas 1000 pemain yang bisa berpartisipasi, karna itu setelah perilisan resminya, Kirito(Nama karakter Kirigaya Kazuto dalam SAO) sudah tidak asing lagi pada game itu.

Sebelum mimpi buruk itu terjadi, Kirito sempat bertemu dengan Klein yang meminta di ajarkan dasar-dasar bertarung pada Kirito. Tapi setelah mereka berniat log out, ternyata tombol itu menghilang dan membuat mereka tidak bisa keluar dalam game.

Kirito merasa ada yang salah, dan kehawatirannya terjadi saat semua pemain di teleport paksa ke pusat kota. Game master atau Kayaba Akihito yang merupakan pemimpin dari proyek game SAO mengatakan kalau dia sudah sengaja menghilangkan tombol log out.

Dia juga mengatakan kalau semua pemain tidak akan bisa keluar dari SAO sebelum mereka mengalahkan bos monster terakhir di lantai tertinggi pada game ini. Di tambah, kalau Hp pemain mencapai titik nol dan game over, maka mereka juga akan mati di dunia nyata.

Hal itu membuat semua pemain marah, sedih, putus asa, bahkan gila. Dan kebanyakan para Beta tester yang sudah mengerti tentang keadaan dalam SAO langsung pergi meninggalkan para pemula demi menyelamatkan diri. Karna itu Beta tester sangat di benci di sana.

Karna suatu kejadian, Kirito melindungi para Beta tester lainnya dengan berperan menjadi penjahat. Dia mengaku kalau dia tidak sama dengan Beta tester lainnya, karna dia adalah seorang Cheater(orang yang curang dalam permainan), karna itu Kirito di panggil Beater(Beta tester dan Cheater di gabungkan)

Banyak kejadian yang menimpa Kirito, kejadian sedih, yang bahkan membuatnya putus asa karna melihat orang yang dekat dengannya mati di hadapannya.

Asuna dan Kirito setelah Kirito kalah dari Heatcliff

Sampai suatu hari dia kembali bertemu dengan Asuna. Kedekatannya keduanya bahkan membuat mereka akhirnya jatuh cinta dan menjalin hubungan. Mereka adalah pasangan yang sanggup bikin saya senyum-senyum, di tambah setelah mereka ketemu dengan Yui.

Kirito dan Asuna yang mengira Yui adalah player

Yui bisa di katakan adalah ‘putri’ dari Asuna dan Kirito, walaupun identitas sebenarnya adalah seorang IA atau program yang mengalami kerusakan. Yui juga merupakan tokoh penting dalam anime ini, dia yang nantinya akan menghubungkan segala informasi yang di perlukan Kirito dan kawan-kawan di dunia Virtual dan kenyataan.

Walaupun pada akhirnya Kirito berhasil menyelesaikan game kematian SAO dengan mengalahkan Kayaba Akihito dan membuat semua orang berhasil log out, masalah belum selesai sampai di situ.

Setelah kembali ke dunia nyata, dia mengetahui kalau Asuna belum terbangun sama sekali. Dia berkali-kali bolak-balik ke rumah sakit untuk menjenguk Asuna yang masih belum terbangun. Sampai akhirnya ia mendapat informasi kalau Asuna berada di sebuah game lain bernama Alfheim Online, atau ALO.

Game yang juga hampir mirip dengan SAO, tapi menggunakan perangkat yang lebih aman bernama Amusphere di banding NerveGear.

Di ALO, Kirito memiliki tujuan ke pohon dunia di mana Asuna berada. Sayangnya jalannya menuju pohon dunia tidaklah mulus. Untuk bisa memasuki pohon dunia, dia harus mengalahkan beribu-ribu prajurit. Tapi dengan bantuan sang adik, akhirnya dia berhasil masuk ke dalam pohon dunia

  Rekomendasi Anime Winter Terkeren 2020!

Setelah menemukan Asuna pun, dia masih harus mengalahkan Game Master yang memiliki otoritas yang lebih tinggi darinya. Tapi pada akhirnya dia bisa membuat Asuna log out setelah mengalahkan Game Master dengan bantuan Kayaba Akihito.

Sword Art Online Extra Edition

SAO extra edition ini adalah sebuah cerita tambahan berbentuk ova dimana di dalamnya merupakan potongan pengulangan setiap scene yang ada dalam SAO season 1.

Berlatar saat musim panas, Suguha(Adik Kirito) yang tidak bisa berenang meminta di ajarkan oleh teman-teman kakaknya yaitu Asuna, Liz, dan Silica untuk berenang.

Awalnya adalah karna Yui penasaran dengan seberapa besar ukuran ikan paus. Karna itu Kirito meminta bantuan teman-temannya untuk membantunya pada Quest dasar laut di ALO agar Yui bisa melihat ikan paus.

Sayangnya Kirito tidak bisa ikut ke kolam karna dia di panggil untuk mengikuti kelas tambahan yang merupakan kedok dari Kikuoka.

Kikuoka sendiri merupakan anggota elit divisi virtual dari kementrian dalam negri dan komunikasi. Orang pertama yang menjenguk Kirito di rumah sakit dan orang yang memberitahu dimana Asuna di rawat.

Dia sengaja meminta Kirito datang ke ruang konseling dengan dalih pelajaran tambahan, agar dia bisa mengetahui secara detail apa yang terjadi di SAO selama dua tahun para pemain terperangkap.

Asuna dan yang lainnya yang berada di kolam juga bercerita mengenai pertemuan mereka dengan Kirito.

Pada episode spesial selama satu setengah jam lebih ini memiliki banyak sekali flashback jadi jangan kaget kalau banyak sekali potongan episode dari SAO season 1.

Sword Art Online ll

SAO season 2 ini memiliki 24 episode full. Pada season keduanya, menceritakan tentang dunia game yang di sebut Gun Gale Online atau GGO.

GGO bisa di sebut dunia senjata, karna memang pemainnya kebanyakan menggunakan senjata api untuk menembak, tidak seperti SAO yang di sebut dunia pedang, dan ALO yang di sebut dunia peri.

Sebelumnya kenapa Kirito bisa masuk ke GGO yang bukan game yang biasa di mainkannya adalah karna permintaan dari Kikuoka. Dia di minta untuk menyelidiki pemain yang menyebut dirinya Death Gun.

Sebelumnya terjadi kasus dimana para pemain GGO mati saat memakai Amusphere, dan sebelum pemain itu log out karna putus koneksi, dia di tembak secara tidak langsung oleh pemain lain yang mengaku dia adalah Death Gun.

Karna itu Kikuoka meminta Kirito untuk menyelidiki apakah selain SAO ada game lain lagi yang bisa membunuh seseorang di dunia nyata melalui virtual. Dan Kirito menyetujuinya dengan iming-iming gaji yang lumayan besar.

Gaya imut Kirito saat pura-pura jadi cewek

Sebelum rilisnya SAO season 2 ini, saya agak speechless dengan karakter Kirito di GGO, karna apa? Sumpah dia jadi cantik! Saya kira Kirito jadi karakter cewek, ternyata tetap cowok tapi berambut panjang.

Saat masuk ke GGO, dia belum mengerti apapun tentang game itu, dan kebetulan dia bertemu dengan Sinon, seorang gadis yang merupakan veteran di game itu.

Sinon mengira Kirito perempuan, makanya dia mau membantu Kirito memilih senjata dan pakaian tempurnya.

Kirito melindungi Sinon dari tembakan musuh

Tapi karna memang Kirito adalah pendekar pedang, bahkan di dunia yang penuh pistol dan senjata api, dia tetap memilih pedang.(tapi itu yang bikin unik. Wkwk).

Sinon sendiri sebenarnya adalah orang yang benar-benar butuh pertolongan. Dia adalah seorang gadis yang memiliki trauma masa lalu terhadap pistol. Di umurnya yang masih muda dia sudah pernah membunuh seseorang menggunakan pistol secara tidak sengaja saat terjadi perampokan, dan sejak itu dia menjadi phobia terhadap pistol.

Anehnya saat dia masuk ke GGO, entah kenapa dia bisa memegang pistol tanpa ada perasaan ketakutan. Karna itu, dia berfikir kalau dia mengalahkan semua pemain kuat di GGO, mungkin itu akan membuat dirinya di dunia nyata menjadi tidak takut lagi terhadap pistol.

Pertemuannya dengan Kirito mengubahnya, dia menyadari kalau dia dan Kirito memiliki satu persamaan. Kirito juga menemukan satu fakta mengenai Death Gun, bahwa Death Gun merupakan mantan pemain merah(pembunuh) SAO yang berhasil selamat.

Di tengah penyelidikannya mengenai Death Gun, Kirito juga berhasil mengetahui kalau Sinon yang akan menjadi target Death Gun selanjutnya. Karna itu Kirito berniat menghentikan Death Gun untuk menghentikan sisa-sisa gelap SAO dan untuk menyelamatkan Sinon.

Pada cerita selanjutnya adalah cerita mengenai Kirito dan misi perburuan pedang Excalibur di ALO. Dimana Kirito dan kawan-kawan mendapat quest yang berbeda dan kelihatan berbahaya di banding quest biasanya.

  Rekomendasi Anime China Special Imlek

Setelah itu ada cerita mengenai Asuna dan permasalahannya dengan keluarganya terutama sang ibu. Di tengah fikirannya akan masalahnya dia bertemu dengan Yuuki.

Pertama kali Asuna bertemu Yuuki

Yuuki sendiri adalah seseorang yang bisa di bilang paling kuat di ALO. Karna dia memiliki skill unik dan belum ada seorangpun yang berhasil mengalahkannya, bahkan Kirito.

Tujuan utama Yuuki mencari seseorang yang bisa mengalahkannya adalah untuk meminta bantuan pada orang itu. Dia ingin mengalahkan bos monster hanya dengan anggota guild nya yang jumlahnya bisa di hitung dengan jari. Sementara biasanya bos monster di kalahkan oleh gabungan beberapa guild.

Tujuannya, karna setelah mengalahkan monster nama mereka pasti akan di tulis di dinding penyelesai lantai. Dan kalau bersama beberapa guild lainnya, hanya para pemimpin atau center saja yang akan tercatat namanya.

Karna itu Yuuki ingin mengalahkan bos monster dengan hanya beberapa orang agar nama semua anggota guild nya bisa tertulis di dinding itu. Setelah bertarung dengan Asuna, Yuuki memintanya membantu merealisasikan tujuannya.

Kata-kata Yuuki yang polos, membuat Asuna memiliki keberanian untuk menyelesaikan masalahnya dengan ibunya. Dan karna bantuan Asuna, Yuuki dan kawan-kawan berhasil mengalahkan bos lantai. Tapi kenyataan mulai terbongkar setelah mereka mengalahkan bos lantai.

Sword Art Online : Ordinal Scale

Cerita selanjutnya adalah SAO the movie yang memiliki durasi hampir 2 jam. Di movie ini menceritakan tentang Augma sebuah alat yang dapat mengimplentasikan dunia virtual ke dunia nyata.

Perbedaanya dengan Amusphere adalah karna Augma tidak di lengkapi Full Dive. Tidak seperti Amusphere dimana penggunanya mengharuskan kehilangan kesadaran saat menggunakannya, Augma dapat di gunakan saat kita sadar, dan membuat semua yang ada di dunia virtual keluar seperti 4D.

Dan Augma sendiri menghadirkan game bernama Ordinal Scale. Game ini hampir mirip seperti SAO dan ALO, tapi bedanya pemainnya bisa menggerakkan tubuh aslinya untuk menyerang monster, dan terjadi di dunia nyata, tidak di dunia virtual seperti Amusphere.

Dalam movie ini pun terdapat karakter baru bernama Yuna yang merupakan idol atau maskot dari game Ordinal Scale.

Teman-teman kirito seperti Silica, Liz, Klein dan lainnya merasa bersemangat dengan game terbaru ini, berbeda dengan Kirito yang lebih menyukai Full Dive.(wajar aja tubuh asli kirito kan emang lemah karna jarang olahraga #plak)

Tapi kejadian aneh tiba-tiba terjadi, Klein dan guild nya tiba-tiba masuk rumah sakit dan mulai melupakan apa yang terjadi saat mereka ada di dalam SAO dulu.

Walaupun saat berada di SAO adalah kenangan buruk, tapi hari-hari yang mereka habiskan selama dua tahun di dalam game kematian itu tidak bisa di bilang tidak berharga.

Awalnya Kirito sama sekali tidak tertarik dengan Ordinal Scale, tapi setelah Asuna juga mengalami hal seperti Klein, dia berusaha keras menyelidiki apa yang terjadi.

Setelah dia mengetahui orang yang melakukan scan ingatan kepada Klein dan Asuna adalah orang yang menempati ranking satu, dia sampai berkeliling membunuh para monster di event untuk menaikkan rankingnya dan untuk mengalahkan orang itu.

Ternyata ada alasan besar di balik peristiwa ini, dan semuanya berhubungan dengan Yuna.

Puncaknya adalah saat pertunjukan konser Yuna, bos monster dalam SAO tiba-tiba muncul di stadium. Dan akan membuat scan berkekuatan tinggi pada semua orang yang merupakan mantan SAO yang selamat di stadium itu.

Kalau itu terjadi, maka kejadian seperti SAO akan terulang, dan anak-anak korban SAO yang sudah berhasil selamat akan mengalami kerusakan otak.

Di tengah kepanikan, Yuna yang sebenarnya, datang untuk menolong Kirito. Dia meminta Kirito untuk mengalahkan bos lantai teratas yang seharusnya dulu ada di SAO, untuk bisa menghentikan scan yang sedang berjalan.

Kirito dan kawan-kawan melawan bos monster lantai terakhir

Karna itu Kirito dan kawan-kawan log in menggunakan Amusphere untuk mengalahkan bos lantai terakhir.

Sayangnya kekuatan bos monster itu terlalu kuat, tapi Yui membuat semua orang dalam ALO membantu Kirito dan semuanya mengalahkan bos monster itu.

Sword Art Online : Alicization

SAO season 3 di bagi menjadi 2 part, untuk part pertama Alicization ada sekitar 24 episode full.

Alicization ini menceritakan tentang Kirito yang memasuki dunia virtual yang di sebut Underworld.

Sebelumnya Kirito bekerja sebagai tester dari Brain Machine Interface untuk Full Dive system baru yang di kembangkan oleh Rath.

Yaitu mesin Soul Translator, mesin yang bisa mengirimkan ingatan atau jiwa manusia ke dalam sebuah dunia VR bernama Underworld. Hanya saja jarak waktu di dunia itu berjalan lebih cepat dari dunia nyata.

  Rekomendasi Manga Isekai Reincarnation Terbaik

Pada season tiga ini masih berlanjut dari cerita GGO sebelumnya. Saat di season 3, Kirito melawan Death Gun untuk menghentikan sisa-sisa gelap SAO.

Walaupun akhirnya Kirito yang menang, tapi salah seorang dari tragedi Death Gun berhasil kabur.

Kirito tersuntik racun

Suatu hari saat dia pulang bersama Asuna, Kirito mendapat penyerangan dari Death Gun yang kemarin berhasil kabur. Dan celakanya dia berhasil menyuntikkan cairan racun pada Kirito yang membuat jantungnya berhenti saat itu juga.

Kirito memang selamat, tapi karna jantungnya sudah berhenti selama lebih dari lima menit, otaknya mengalami kerusakan parah, dan dampak terparahnya ada kemungkinan Kirito tidak akan bisa sadar kembali.

Kikuoka yang mendengar apa yang terjadi pada Kirito, meminta agar Kirito di pindah ke rumah sakit yang di ajukannya. Dan karna mendapat peluang Kirito akan kembali pulih, keluarganya pun menyetujuinya.

Tapi setelah pemindahan itu, Asuna merasa ada yang tidak beres. Asuna dan Suguha, bahkan Ibunya Kirito tidak di perbolehkan menjenguknya sama sekali dengan alasan banyak peralatan khusus yang di gunakannya.

Karna itu Asuna meminta bantuan Yui untuk menyelidiki. Sampai pada akhirnya dia datang ke sebuah tempat berbentuk kura-kura bernama Ocean Turtle di tengah lautan dimana Kirito berada.

Sementara itu, tubuh Kirito memang tidak sadar, tapi jiwanya masih ada di dunia Underworld.

Dia membantu Eugeo untuk menjadi pendekar pedang dan menyelamatkan Alice yang di tangkap oleh Integrity Knight dari Gereja Axiom saat masih kecil.

Tapi setelah akhirnya Eugeo dan Kirito menjadi pendekar pedang dan belajar di akademi, mereka berbuat sesuatu yang melawan hukum sampai akhirnya harus di bawa untuk di jatuhi hukuman. Padahal yang mereka lakukan cuma membantu ketidak adilan yang semena-mena.

Dan bukannya pasrah saat di bawa, mereka malah menantang semua Integrity knight untuk menunjukkan kalau pemimpin, atau Administrator salah.

Semua Integrity knight berhasil mereka kalahkan sampai pada akhirnya mereka bertemu dengan Alice yang menjadi Integrity Knight, tapi telah di hapus memori dan di cuci otak oleh Administrator.

Tapi berkat pertemuan mereka, Alice mulai menyadari kalau Administrator salah dan berbalik melawan.

Para teroris yang menyerbu masuk Ocean Turtle

Sampai pada akhirnya mereka berhasil mengalahkan Administrator, dan bertepatan dengan Kirito yang menghubungi ke dunia nyata, di dunia nyata tempat penelitian Soul Translator sedang di serang oleh teroris yang menginginkan data mengenai ‘Alice’.

Sword Art Online : Alicization – War of Underworld

Pada season 3 part 2 ini juga belum menemui kata ending, memiliki 12 episode tapi masih ada lanjutan pada Final yang baru akan rilis pada April 2020 mendatang.

Karna penyerangan yang terjadi di dunia nyata, jiwa kirito di Underworld juga terkena dampaknya sampai dia menjadi seperti mayat hidup yang tidak memiliki jiwa.

Setelah Administrator lenyap, masalah utama yang menanti para manusia di dalam Underworld adalah penyerangan yang akan terjadi akibat Dark Teritory.

Di tambah, banyak Integrity Knight yang berkurang akibat di serang oleh Kirito dan Eugeo, membuat mereka tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk menahan serangan seluruh Dark Teritory.

Kirito yang memang sudah membunuh Administrator, di anggap pendosa oleh semua ksatria Gereja Axiom.

Karna itu Alice sengaja membawa pergi Kirito ke tempat yang aman, dia membawanya ke desa tempatnya di lahirkan.

Dia memang belum mengingat apapun tentang masa kecilnya sebagai Alice, tapi dia tidak memiliki tempat lagi untuk bersembunyi.

Sayangnya desa tidak menyambutnya dengan baik, karna Alice dulunya di tangkap oleh Integrity Knight karna sudah melanggar index larangan.

Karna perlakuan warga desa yang tidak baik sama sekali, Alice mulai mempertanyakan.

Kirito yang STL nya rusak karna penyerangan di Ocean Turtle

Untuk alasan apa mereka sampai bertarung dengan Administrator, Eugeo sampai harus mati, dan Kirito menjadi seperti tubuh tidak bernyawa.

Pada cerita ini lebih banyak tentang peperangan yang terjadi antara manusia dan para penghuni Dark Teritory. Bahkan pertarungannya tidak hanya terjadi di Underworld, tapi juga di dunia nyata.

Cara mengamankan ‘Alice’ yang berupa program IA yang bisa di pakai sebagai senjata militer di dunia nyata adalah dengan membawa Alice ke Altar World’s End.

Sayangnya karna Kirito mengalami kerusakan, dia tidak bisa melakukannya karna itu Asuna memutuskan untuk masuk juga ke Underworld.

Para tertoris yang mengincar ‘Alice’ juga menggunakan cara yang sama yaitu ikut memasuki dunia Underworld dan hal itu membuat situasi di Underworld semakin kacau.

Teroris yang ikut masuk ke dalam Underworld

Di saat terakhir, teroris yang memakai karakter Raja kegelapan berhasil mendapatkan Alice. Asuna dan kawan-kawan juga terkepung pasukan Dark Teritory, tapi kemudian penolong pun muncul menyelamatkan Asuna, yaitu Sinon.

Sinon yang tiba-tiba muncul menyelamatkan Asuna

Sword Art Online : Alicization – War of Underworld Final

Coming Soon!!!

Ini dia yang paling di tunggu-tunggu para pecinta SAO seluruh dunia~

Final battle yang terjadi antara manusia dan Dark Teritory. Apa yang akan terjadi pada Alice?

Apakah akhirnya Kirito bisa sadar dan memegang pedangnya kembali?

Semua akan terjawab pada April 2020 nanti~!!!

So stay toon okay~

Apa Tanggapan Anda??

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *