Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Di Bank BJB

— SEKEDAR INFORMASI —

BPJS CABANG CIKUPA, TANGERANG SEKARANG TIDAK MENERIMA KLAIM SALDO BPJS SECARA MANUAL ATAU KLAIM LANGSUNG KE KANTOR CABANG CIKUPA

UNTUK KLAIM SALDO BPJS HANYA BISA MELALUI ONLINE DAN MELALU BANK

hanya BPJS Cabang Cikupa – tidak tahu untuk cabang yang lain

Mencairkan BPJS Di Bank – Ini adalah pengalamanku mencairkan BPJS Ketenagakerjaan. Waktu itu tanggal 07-11-2017 jam 07.30 pagi, saya berangkat ke Bank BJB Balaraja dengan perkiraan waktu 25 menit sampai ke tempat tujuan dan semoga mendapatkan antrian no 1 atau setidaknya dibawah no 5. Aihh jalan macet ternyata semalam abis ujan, sampai Bank BJB lebih jam 08.05 menitan dan antrian Customer Service sudah sampe angka 9 dan saya dapat antrian no 10. Ketika datang satpam menanyakan maksud kedatanganya ke Bank BJB dan saya jawab untuk melakukan pendaftaran pencairan atau klaim BPJS Ketenagakerjaan. Pak satpam memberikan form klaim BPJS Ketenagakerjaan dan menanyakan apakah sudah punya maps warna merah atau belum? aduhh mana kutahu….. saya pun keluar mencari tempat fotocopy, tambah repot malah karena saya tidak tahu sebelumnya apa aja syaratnya. Ini adalah dokumen-dokumen atau surat yang perlu dibawa jika ingin mencairkan di Bank BJB.

  Cara Mudah Cek Saldo BPJS KetenagaKerjaan JHT Melalui Smartphone Android

SYARAT MENCAIRKAN BPJS DI BANK

  1. Bawa Stopmap warna merah atau biru.
  2. KTP / Surat Domisili Asli dan Fotocopy (Jika anda mempunyai KTP luar daerah buatlah dulu surat keterangan Domisi ke kelurahan).
  3. Kartu BPJS Ketenagakerjaan / Jamsostek Asli dan Fotocopy.
  4. Kartu Keluarga Asli dan Fotocopy.
  5. Surat Pengalaman Kerja / Paklaring Asli dan Fotocopy
  6. Jika anda berhenti kerja setelah tanggal 15 September 2015 maka anda harus mempunyai surat keterangan dari DISNAKER Asli dan Fotocopy.
  7. Buku Tabungan Asli dan Fotocopy (Jika belum punya tabungan maka wajib membuat buku tabungan).
  8. Materai 6.000 dua lembar, jika tidak ada bisa beli disana.

Contoh Form Surat Pengajuan BPJS Ketenagakerjaan Atau Jamsostek Melalui Bank
Form Pencairan BPJS

Β Β Β Β Β  Sambil menunggu antrian saya mengisi form pengajuan pencairan BPJS Ketenagakerjaan. Antrian pengajuan klaim BPJS di bank BJB ternyata lumayan banyak lho dari 10 antrian kurang lebih 8 orang mencairkan BPJS Ketenagakerjaan / Jamsostek. Lama sekali menunggu antrian no 10, bayangkan antrian no 10 aja sampe jam 10:45 siang, bagaiman kalau saya datang ke Bank BJB jam 9. sampai sore kyaknya :). Oke sekarang saatnya proses di customer service, Serahkan semua dokumen yang sudah saya sebutkan tadi diatas asli dan fotocopy. Customer service akan melakukan pengecekan berkas-berkas dengan sistem komputer yang terhubung dengan data BPJS. Jika ada berkas yang kurang atau ada kesalahan data akan langsung diberitahukan oleh customer service bahwa ada kesalahan. Kita diharuskan melaukan pembetulan terlebih dahulu ke kantor BPJS Terdekat.

Β Β Β Β Β  Nahh sekedar informasi jika anda mencairkan BPJS di Bank BJB maka anda wajib mengikuti program BPU BPJS Ketenagakerjaan. Apa itu program BPU???

Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) adalah pekerja yang melakukan kegiatan atau usaha ekonomi secara mandiri untuk memperoleh penghasilan dari kegiatan atau usahanya tersebut yang meliputi : Pemberi Kerja; Pekerja di luar hubungan kerja atau Pekerja mandiri dan Pekerja yang tidak termasuk pekerja di luar hubungan kerja yang bukan menerima Upah, contoh Tukang Ojek, Supir Angkot, Pedagang Keliling, Dokter, Pengacara/Advokat, Artis, dan lain-lain.

Menurut dari customer service program BPU diumpamakan seperti kartu SIM prabayar pada Handphone dengan masa aktif selama 6 bulan. Jadi jika setiap 6 bulan kita bayar BPJS BPU maka kartu BPJS tersebut aktif dan jika setelah 6 bulan dari pembayaran kita tidak melakukan pembayaran lagi maka kartu BPU tersebut tidak aktif lagi. Untuk mengaktikan kembali kartu BPJS BPU yaitu dengan cara melakukan pembayaran kembali atau kata lainya di isi ulang. Untuk lebihnya tentang program BPJS BPU silahkan klik link dibawah ini

  Program BPJS Bukan Penerima Upah (BPU)

Jika semua proses di customer service sudah selesai maka anda akan mendapatkan sebuah tanda terima dari Bank BJB, Contohnya seperti dibawah ini. UntukΒ  pencairan kurang kurang lebih 7 hari kerja dan hari sabtu atau minggu tidak dihitung,

  Tubemate.. Download Video Dari Youtube,Facebook, Instagram Menggunakan HP Android

pulanglah saya semoga tidak ada masalah dalam pencairan BPJS Ketenagakerjaan.

Setelah 7 hari kerja saya cek kok tidak ada transferan ke dari BPJS, saya abaikan mungkin karena banyak yang mengajukan klain kemungkinan mundur minggu depan. Pulang kampunglah saya dulu mumpung ada kesempatan libur, sampai kampung pun saya cek ternyata belum ada transferan juga. Saya masih berpikiran bahwa yang mengajukan banyak dan masih dalam antrian jadi sabar saja. Setelah saya balik dari kampung saya cek juga masih belum ada transferan terhitung sudah 2 minggu sudah dari pengajuan klaim. Saya mencoba melakukan konfirmasi ke bank BJB Balaraja melalui telpon semoga ada informasi yang jelas, tapi ternyata kata petugasnya kita hanya menerima dokumen dan menyetorkan dokumen ke Kator BPJS. Bank BJB tidak bisa mengecek atau mengetahui sampai mana prosesnya dan saya disarankan untuk melaukan pengecekan manual ke kantor BPSJ Ketenagakerjaan. Kemudian saya mecoba kembali melakukan pengecekan dengan menelpon ke Call Center BPJS di 1500910 dan menanyakan status pengajuan klaim saya sudah sampai mana, tapi ternyata petugas Call Center BPJS juga tidak bisa melakukan pengecekan karena saya pengajuan klaimnya secara manual melalui bank dan disarankan untuk melakukan pengecekan manual ke kantor Bank BPJS terdekat. Dalam kasus saya Bank BJB Cabang Balaraja bekerjasama dengan Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cikupa.

Okelahh daripada status saya digantung dan tidak ada kejelasajan maka sayapun mendatangani Kantor BPJS Ketenagakerjaan. Jam 8:30 saya sampe di kantor BPJS Cikupa, langsung masuk dan menceritakan kepada satpam yang bertugas di dalam kantor bahwa pengajuan klaim saya belum cair, saya dikasih antrain nomer dan dapat no 10 sedang berjalan no 5. Untuk masalah antrian di BPJS Ketenagakerjaan termasuk cepat, jam 9:15an antrian saya dipanggil, saya serahkan bukti penerimaan dari Bank BPJS bahwa klaim belum cair ke petugasnya. Petugas menanyakan terlebih dokumen saya terlebih dahulu KTP Asli, KK Asli dan petugas menayakan juga apakah tidak ada sms pemberitahuan dari BPJS, Saya jawab tidak ada karena memang tidak ada SMS pemberitahuan bahwa berkas saya bermasalah. Petugas kemudian mencari berkas saya dan memberitahukan bahwa ada berkas yang kurang yaitu paklaring ditempat kerja pertama saya di PT YMMI. Jadi saya pernah bekerja di PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia dan PT Fosta Unggul Perdana selama. Oleh customer service Bank BJB saya cuma dimintakan paklaring terakhir saya yaitu hanya di PT Fosta Unggul Perdana. Petugas BPJS meminta paklaring asli dan fotocopynya. setelah itu saya dikasih semacan printout saldo akhir BPJS saya yang akan di cairkan dan disuruh menunggu 7 hari kerja.

mencairkan bpjs di bank
Tanda Terima BPJS Ketenagakerjaan

Hati tenang sudah semoga tidak ada masalah lagi sehingga uang BPJS cepat cair dan benar saja cuma 3 hari kerja saldo BPJS saya langsung cair dan masuk ke rekening Bank BJB saya. berdasarkan pengalaman saya ini dapat disimpulkan bahwa

  Cara dan Syarat Perubahan Data BPJS Kesehatan Karena Menikah

Bank – Bank yang melayani pencairan atau klaim BPJS Ketenagakerjaan fungsinya hanya menerima dokumen, melakukan pengecekan apakah dokumenya lengkap, menyetorkan dokumen ke BPJS yang bekerjasama dengan Bank tersebut dan Bank hanya menerima pencairan dana dari BPJS ke rekening nasabahnya. Jika ada kekurangan atau masalah kita tetap harus melakukan pengecekan manual ke kantor BPJS.

Semoga tulisan saya ini membantu, silahkan share atau bagikan pengalaman anda yang sudah pernah mencairkan BPJS Ketenagakerjaan baik yang secara online, melalui bank, pencairan secara offline / manual dengan datang lansung ke kantor BPJS terdekat.

You May Also Like

Apa Tanggapan Anda??

45 Comments

  1. Susah stengah mati ngambil no antri dri jm2 mlem blom d buka,, tp lewat sedikit blang satpam udh abist,, mau nya gmn g ngerti aku… Apa ad perrmainan msti jelas donk….

    1. Klaim BPJS dikantor cabang atau di Bank?? Ya bigutulah kalau di kantor cabang memang di batasi nomer antrianya dan antri juga dari malam pula, coba di klaim di bank gak ribet…

  2. hallo salam kenal.. saya baca tulisan Anda, makasih ya atas pencerahannya. Saya mau melakukan pencairan juga tapi sudah seminggu coba eklaim gak bisa2, katanya jaringan padat tapi saya coba tengah malam juga tetep gak bisa. Nah setelah baca cerita pengalaman Anda, saya pengen coba juga melakukan pencairan lewat bank karena kalau datang ke kantor cabang bpjs mesti antri dari jam 3-4 subuh. hhh mau cairin tabungan sendiri kaya pengen minta sembako gratis. Oyah, sebenernya baca cerita Anda ini saya jadi terhenyak, saya ini udah 1x pindah kerja dan saya gak dapet parklaring dari kantor pertama saya kerja (karena saya pindah kerja ke kompetitor dan kantor pertama saya kerja sakit hati jadilah saya gak dikasih parkalaring ini) nah saya pindah ke tempat kerja baru kerja selama 6 bulan saya resign… nah dari kantor yang ke-2 ini saya dapat parklaring dan niat mau cairin jamsostek pake surat parklaring dari tempat kerja terkahir ini. kalo baca cerita Anda, dimintain parkaling dari tempat kerja sebelumnya ya? wah kalau kaya gini, saya gak bisa cairin jamsostek donk πŸ™ karena saya sudah pasti gak bakal dikasih sama kantor pertama saya πŸ™ πŸ™ πŸ™ klo kaya gitu, saya gak bisa cairin seumur hidup donk

    1. Bpjs kyaknya lagi gangguan jaringan, karena untuk cek saldo bpjs dari android pada komplain error. Ya benar memang, kalau klaim manual di kantor cabang itu antrianya dari subuh dan kadang kita sudah antri dari subuh pun tidak kebagian nomor, karena antrian memang dibatasi. Nah untuk masalah paklaring yang di tempat kerja pertama memang saya di mintain sama petugas bpjs, waktu di bank bjb tidak dimintakan paklring dari. Jadi karena udah lebih satu bulan tidak cair saya ke kantor bpjs dan masalahnya adalah paklaring tempat kerja pertama. Jadi mau gak mau harus diurus, tpi tidak ada salahnya dicoba dulu.

    1. sebenarnya tidak sulit asal data benar semua dan persyaratannya lengkap. Tapi saya dulu juga berpikir kenapa mau ambil uang sendiri aja susah banget… karena nunggu kelamaan πŸ™‚

  3. saya juga pernah cairin di bjb. dan itu mudah sekali, ditambah harus ada surat tembusan dr kantor lama untuk bpjs. dan hanya 3 hari saldo sudah masuk..
    ini saya mau pencairan lagi

    1. memang cepat dan antrian tdak seperti di kantor cabang, asal semua dokumen dan data benar.. btw apa itu surat tebusan dari kantor lama?

  4. Saya sudah 2 kali mencairkan di bank bjb dan ini mau ke 3 kalinya. Pengalaman saya pencairan di bank bjb simple banget (mungkin karena lengkap). Hari senin (lupa tanggal) jam 10: 30an saya ke bpjs jamsostek buat ambil formulir karena sy memang niat untuk pencairan di bjb kalo pagi2 antrinya panjang bgt lokasi sy di kota bogor. Sampe sana hanya mengantri kurang dari 5orang didepan sy dan itu ga sampe 15mnit. Setelah dapat form sy dirujuk k bank bjb esok harinya (sebelum k bjb form diisi dulu dirumah).
    Keesokan harinya sy datang ke bank bjb tepat saat bank bjb buka,karena sy sudah punya rekening bjb proses sy hanya sekitar 15mnitan setelah itu sy diminta menunggu +-3hari kerja dan jumat siang sy cek well done uang sudah masuk. Oya saya ga disuruh beli map om di bjb. Yg pencairan keduapun sama.

    Jadi saran saya biar ga ribet semua kelengkapan data disiapkan sebelum pencairan. Kalo mau pencairan di bank yah kalo bisa dibuat dulu rekeningnya biar ga mkn bnyk waktu.

    Sukses yah buat yg mau pencairan.

    1. terima kasih sudah mau berbagi pengalamanya juga mas hadi.. memang di pencairan di bank tidak ribet dan cepat asalkan berkas lengkap dan data benar semua. kalau masalah map, memang saya tidak bawa dari rumah dan di bjb tidak menyediakan.. alhasil saya muter2 cari map dulu. Yuppss benar memang harus disiapkan dulu dari rumah kalau bisa formulir diambil sebelumnya, tinggal duduk manis ngantri dan selesai, Jangan lupa datang sebelum jam bank buka biar antrian tidak panjang. BTW mas hadi banyak amat sudah 3 kali pencairan BPJTKnya…

      1. Dokumen aslinya juga diserahkan mas ke pihak bank bjb untuk di berikan ke pihak bpjs ? ( dipinjam dulu)
        Mohon info

        1. dokumen asli cuma buat pencocokan saja.. yang kita serahkan ke bank bjb semua fotocopian semua, kecuali kartu bpjs harus asli

          1. kyaknya tidak bisa kalau belum ada kartunya.. pasti nanti disuruh untuk mengurus kartu terleih dahulu. kok bisa nomor sudah ada tapi kartu belum ada..

  5. Saya juga pencairan klaim Bpjs melalui bank BJB karena saya pilih manual saja. Hehe. Sudah hampir 7hari kerja dana belum cair juga. Huhu. Padahal saya cek saldo sudah 0 di BPJSTK. Saya cek status masih dalam proses. Huftt. Mungkin tiap cabng beda beda ya mas. Ada yg cepat ada yg lama

    1. kalau saldo sudah nol biasanya 1-3 hari baru masuk rekening.. tetep sabar tunggu uangnya tidak lama lagi cair.. sremangattt

      1. Iya nih mas. Dari hari Senin saldo sudah Nol. Tapi tdi di cek hari Kamis ini masih belum masuk juga. Saya coba email k BPJS nya katanya sedang proses dan tunggu sampai 14 hari kerja πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Maklum emak emak ga sabar mana mau lahiran. Hahaha. Suka gatel aja dari hari senin sampai sekarang masih d proses terus. Sudah masuk 7hari dari hari saya mengajukan claim. Mungkin saya harus syabarrrrr.

        1. wahhh kasussnya sama dengan saya.. saya klaim juga untuk biaya lahiran anak pertama saya.. semoga cepet cair dan semoga lahiranya lancar.

    1. bisa cair.. ngurus kartu bpjsnya dulu, kalau masalah ktpnya asal nomor nik sama dengan yang di KK tidak masalah. bisa di cairkan

  6. Kira kira kalau cairin di bank nri bisa gak ya??

    Yg jadi masalah paklaring saya hilang. Dan Tempat Kerja Saya Dulu Sudah Tutup/Tidak Beroperasi. Tapi PT nya masih beroperasi.

    Saya jauh dari perkotaan aliasnya saya didesa yg berada di pelosok.
    kalau ke kantor cabang memakan waktu lebih dari 4 jam.

    kira kira kalau pake surat kehilangan paklaring dari kantor polisi bisa gak ya??

    1. setahu saya untuk masalah paklaring hilang dan pabrik sudah tutup mas ali harus buat surat keterangan tidak bekerja dari disnaker yang lokasinya sama dengan PT tersebut kemudian membuat surat kehilangan dari kepolisian dengan membawa surat dari disnaker tersebut.

    1. kalau untuk lokasi saya kurang paham.. tapi yang pasti biasanya bank yang melayani pencairan BPJS biasanya itu kantor cabang, kalau kantor cabang pembantu biasanya tidak melayani pencairan bpjs.

  7. Sy mau cairin di bank mandiri bisa ga ya?
    Soalnya udah coba kalim via online ga ada balesan dr pihak jamsostek nya..
    Sy mau ambil jht paklaring 2017 kemarin.. apakah harus ada stempel disnaker atau ngga sih? Udah ke disnaker di suruh ada surat pengantar dr perusahaan.. nah trus pas minta surat penganter ke perusahaan.. pihak perusahaan jawabnya saat ini udah ga mesti ada stempel lagi jadi alhasil sy ga di kasih surat pengantar.. jadi takut mau coba cairin manual ke bank.. takut di pintain stempel disnaker.. cape bolak balik nya :'(

  8. suami sy cairkan BPJS ny online.
    Lewat email diminta ke Bank Mandiri sbulan kemudian karena kurang dari tanggal yang ditentukan ga boleh (kata satpamnya). kebetulan pas upload buku tabungan, pakai Maybank.
    saat hari H ke bank Mandiri dikira udh bisa dicairkan, ternyata disuru buat rekening (Ya Allah…nunggu lagi :(, nasib).
    ini udah lebih dari sminggu, belum cair juga dana nya :(.
    harusnya sistem itu memudahkan, tapi kenapa sistem jadi malah bikin riweuh.
    ga ada kepastian gini jadinya.

    1. tapi saya bingung kok upload rekening MayBank kok datengnya ke bank mandiri.. kyaknya itu yang dipermasalahkan oleh bpjs. Ya sebenarnya sistem tujuanya memudahkan,, jika semua syarat terpenuhi dan sesuai pasti cepat, kalau ada salah ya begitu jadinya riweuhhh…, Semoga cepat cairnya buat lebaran…

      1. Maaf mau tanya saya kan nganterin berkas ka bank bjb hari jum’at kmarin tgl 08 apa kira2 saldo atau pencairan akan masuk ke rek saya dalam 3 hari juga klw mau dekat lebaran gini? Mohon infonya?

        1. kyaknya di proses habis lebaran.. karena prosesnya biasanya 7 hari kerja, hari libur tidak dihitung. setahu saya seperti itu prosedurnya

          1. Klw misalkan pencairan nya habis lebaran, kira2 masuk ke rek nya perkiraan tgl brapa ya mas, maklum soalnya baru pertama juga dan ibu2 gini gk sabaran πŸ˜‚

          2. Yang pasti prosesnya 7 hari kerja tidak termasuk tanggal merah dan sabtu minggu. Instansi pemerintah kalau gak salah masuknya tgl 20, ya semoga tanggal 29 sudah masuk rekening kalau tidak ada masalah.. wahhh kyaknya saldo sudah banyak jadi gak sabaran ☺

  9. Waduhh lama juga yaa mas, tp kmarin kata pihak bank bjb nya suruh cek aja dari hari senin sampe rabu,apa mungkin bakalan cair? klw misalkan masih konsong yaa berarti habis lebaran… Mudah2an aja gk ada masalah … Haduhhh bukan kebanyakan saldo mas tp saking ngebet nya buat beli baju bedug sama ngejar buat biaya lahiran jd gini dehπŸ˜‚ haa

    1. Wahhh kasusnya sama.. saya dulu juga cairin buat biaya istri saya lahiran. Daripada cek rekening udah masuk apa belum lebih baik cek saldo bpjsnya lewat aplikasi, kalau saldo sudah nol berarti sudah diproses.. tinggal tunggu berapa hari pasti masuk rekening

  10. Malam mas saya mau tanya lagi dan maaf mengganggu waktunya, saldo bpjs saya sudal 0 dari hari jum’at siang, trus td status klaim saya, sudah berubah menjadi klaim sudah siap bayar, kira2 kapan saldo masuk rek, soalnya saya gk pake m-banking, mohon pencerahan nya.

    1. wihhh akhirnya cair juga, ada kendala lagi gak??
      biasanya tiga hari setelah saldo 0, kalau dari jum’at berarti senen,selasa,kamis… kamis perkiraan karena rabu besok libur pilkada tgl 27 kalau gak salah..

      1. Allhamdulilah mas, Gk ada mas,oh berarti hari kamis udh masuk rek yaa mudah2an yaa mas, berarti cek aja siang nya mungkin yaa,dulu mas cek saldo jam brapa tuh ?

    1. Paklaring hanya fotocopy yang diminta, tapi disuruh menunjukan paklaring yang aslinya. Untuk Nomer KPJ nya tetap / tidak berubah. Kan dari Yamaha Ke Fosta menggunakan kartu yang sama jadi nomor tidak ada perubahan.

  11. Mas saya baru akan mengklaim bpjs ketenagakerjaan, untuk pakelaring yang diminta itu kan harus menunjukan yang asli tapi semisal hanya menunjukan scan copynya saja bisa tidak yah mas? terimakasih

    1. Aslinya kemana? ilang?. Untuk masalah bisa atau tidak saya kurang paham, tapi kayaknya nanti di suruh buat paklaring baru lagi di tempat kerja sesuai paklaring.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *